Berapa Kalori Sayur Kangkung? Ini Dia Kalori, Kandungan, dan Gizi di Dalamnya

25 Likes
berapa kalori sayur kangkung

Sayur kangkung adalah salah satu sayuran yang populer di Indonesia. Selain rasanya yang lezat dan serbaguna dalam pengolahan makanan, kangkung juga merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi dan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam 100 gram sayur kangkung, terdapat sekitar 19 kalori. Selain itu, kangkung juga mengandung karbohidrat sebanyak 3.14 gram, protein 2.6 gram, serat 2.1 gram, serta berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, folat, kalsium, zat besi, dan magnesium.

Kangkung rendah kalori dan lemak, membuatnya cocok untuk dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat dan membantu menjaga berat badan yang ideal. Selain itu, kangkung juga bermanfaat untuk mencegah anemia, menjaga kesehatan mata, meningkatkan imunitas tubuh, mengatasi konstipasi, dan menjaga kesehatan jantung. Konsumsi sayur kangkung dapat menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan keluarga secara keseluruhan.

Poin Penting:

  • Sayur kangkung mengandung sekitar 19 kalori dalam 100 gramnya.
  • Kangkung mengandung karbohidrat, protein, serat, serta berbagai vitamin dan mineral.
  • Kangkung rendah kalori dan lemak, cocok untuk dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat.
  • Kangkung memiliki manfaat untuk mencegah anemia, menjaga kesehatan mata, meningkatkan imunitas tubuh, mengatasi konstipasi, dan menjaga kesehatan jantung.
  • Kangkung dapat menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan keluarga secara keseluruhan.

Kandungan Nutrisi dalam Sayur Kangkung


Sayur kangkung mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan. Dalam setiap 100 gram kangkung, terdapat 19 kalori, 3.14 gram karbohidrat, 2.6 gram protein, dan 2.1 gram serat. Selain itu, kangkung juga mengandung vitamin A sebanyak 6600 IU, vitamin C sebanyak 55 miligram, folat sebanyak 14 persen, kalsium sebanyak 77 miligram, zat besi sebanyak 1.67 miligram, dan magnesium sebanyak 71 miligram.

Kandungan nutrisi ini membuat kangkung menjadi sayuran yang rendah kalori dan lemak, tetapi kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Kangkung juga merupakan sumber yang baik bagi zat besi dan kalsium. Dengan kandungan nutrisi ini, sayur kangkung dapat menjadi pilihan yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung program diet.

Manfaat utama sayur kangkung:

  • Mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.
  • Kaya akan vitamin C untuk meningkatkan imunitas tubuh.
  • Mencegah anemia karena mengandung zat besi yang cukup.
  • Menjaga kesehatan jantung dengan kandungan antioksidan.

Sayur kangkung juga direkomendasikan untuk diet karena rendah kalori dan lemak. Manfaat nutrisi yang terkandung dalam kangkung menjadikannya pilihan yang sehat untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.


Tabel Nutrisi Sayur Kangkung:

Nutrisi Kandungan per 100 gram
Kalori 19
Karbohidrat 3.14 gram
Protein 2.6 gram
Serat 2.1 gram
Vitamin A 6600 IU
Vitamin C 55 miligram
Folat 14%
Kalsium 77 miligram
Zat Besi 1.67 miligram
Magnesium 71 miligram

Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan

Sayur kangkung memiliki banyak manfaat kesehatan yang menjadikannya pilihan yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi kangkung:

  1. Kaya akan serat: Kangkung mengandung serat yang tinggi, yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah konstipasi. Mengonsumsi kangkung secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan sistem pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus.
  2. Menjaga kesehatan mata: Kangkung mengandung vitamin A, lutein, karoten, dan glutathione yang baik untuk kesehatan mata. Nutrisi ini dapat membantu mencegah masalah mata, seperti degenerasi makula dan katarak, serta meningkatkan penglihatan secara keseluruhan.
  3. Meningkatkan imunitas tubuh: Kangkung mengandung vitamin C yang tinggi, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi kangkung dapat membantu melawan infeksi dan menjaga tubuh tetap sehat dan kuat.
  4. Menjaga kesehatan jantung: Kangkung mengandung beberapa nutrisi penting, termasuk vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Nutrisi ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit jantung, dan menjaga fungsi kardiovaskular yang baik.

“Mengonsumsi kangkung secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan yang beragam, termasuk meningkatkan kesehatan pencernaan, melindungi mata, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung.”

Dengan berbagai manfaat ini, sayur kangkung dapat menjadi tambahan yang baik dalam diet sehat dan membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cara Mengonsumsi Sayur Kangkung

Jika Anda ingin menambahkan sayur kangkung ke dalam diet sehat Anda, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba:

Sayur kangkung bisa ditumis dengan bumbu dan rempah-rempah favorit Anda. Tambahkan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa untuk memasaknya. Proses tumis yang cepat akan menjaga nutrisi dan tekstur kangkung tetap terjaga.

Anda juga bisa merebus kangkung untuk membuat sup sehat. Tambahkan sayuran lain seperti wortel, kentang, atau jagung untuk variasi yang lebih beragam. Jangan lupa untuk mengurangi penggunaan garam dalam sup untuk menjaga kesehatan jantung.

Jika Anda menyukai salad, jangan ragu untuk menambahkan kangkung ke dalamnya. Cuci dan iris kangkung secukupnya, lalu campur dengan sayuran lain seperti selada, tomat, dan timun. Tambahkan dressing favorit Anda untuk menambah cita rasa.

Penting untuk diingat bahwa sebelum memasukkan sayur kangkung ke dalam diet Anda, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi. Mereka dapat memberikan saran yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda. Dengan mengolah dan mengonsumsi kangkung dengan cara yang benar, Anda dapat menjaga kebugaran tubuh dan mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.

FAQ

Berapa kalori dalam sayur kangkung?

Dalam 100 gram sayur kangkung terdapat sekitar 19 kalori.

Apa saja kandungan nutrisi dalam sayur kangkung?

Dalam 100 gram sayur kangkung terdapat 3.14 gram karbohidrat, 2.6 gram protein, dan 2.1 gram serat. Selain itu, kangkung juga mengandung vitamin A, vitamin C, folat, kalsium, zat besi, dan magnesium.

Apa manfaat sayur kangkung untuk kesehatan?

Sayur kangkung dapat mencegah anemia, mengatasi konstipasi, meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kesehatan mata, dan menjaga kesehatan jantung.

Bagaimana cara mengonsumsi sayur kangkung?

Sayur kangkung dapat diolah menjadi berbagai hidangan seperti tumis, sup, atau salad. Hindari overcooking dan penggunaan bahan-bahan yang mengandung lemak dan gula berlebihan.

About the Author: Rekka Wicaksono

Rekka Wicaksono adalah seorang konsultan ahli gizi yang berkecimpung pada dunia diet, kalori dan nutrisi. Dia juga sering membaca jurnal terkait Nutrisi dan Dietetika. Rekka membawa keahliannya di bidang nutrisi, olahraga dan hidup sehat demi kehidupan yang lebih baik. Selain itu, dia juga sering membagikan resep diet dan makanan diet yang enak sehingga diet terasa makin mudah.

You might like