Bihun untuk Diet: Solusi Sehat Mengurangi Berat Badan

14 Likes
bihun untuk diet

Satu porsi bihun (176 gram) hanya punya 190 kalori, sama dengan nasi1. Bihun lebih sedikit kalori dibanding pasta olahan atau pasta gandum utuh, sekitar 14-20 persen1. Ini membuat bihun jadi pilihan bagus untuk diet.

Bihun adalah karbohidrat bebas gluten, cocok untuk diet tanpa gluten1. Ia juga rendah sodium, bagus bagi kesehatan jantung dan tekanan darah1. Dengan nutrisi yang kaya, bihun bisa membantu menurunkan berat badan tanpa kehilangan rasa savori makanan.

Poin-Poin Penting

  • Bihun mengandung lebih sedikit kalori dibandingkan nasi dan pasta
  • Bihun bebas gluten, cocok untuk diet gluten-free
  • Bihun rendah sodium, baik untuk kesehatan jantung dan tekanan darah
  • Bihun kaya akan nutrisi seperti selenium, fosfor, dan mangan
  • Bihun dapat diolah menjadi hidangan lezat dan sehat untuk mendukung program diet

Kandungan Nutrisi dalam Bihun

Bihun sangat bagus untuk dikonsumsi pada saat diet. Ia memiliki kalori yang rendah, tepatnya hanya 192 kalori per 180 gram2. Ini bisa menolong Anda mengurangi kalori yang masuk tiap hari. Bihun juga kaya akan karbohidrat, dengan 44 gram, dan serat sebanyak 1,8 gram per porsi3. Kombinasi ini memberi tenaga cukup untuk aktivitas Anda sehari-hari.

Bebas Gluten

Bihun dibuat dari tepung beras, jelas tanpa gluten. Bagus bagi yang alergi atau sensitif pada gluten. Dengan bihun, Anda bisa nikmati makanan lezat tanpa khawatir tentang reaksi gluten.

Rendah Sodium

Bihun juga rendah sodium, hanya ada 33 miligram dalam setiap porsi 180 gram2. Ini berita baik untuk kesehatan jantung dan tekanan darah Anda. Tapi, pastikan bahan lain yang digunakan juga rendah sodium.

Kaya Mangan dan Selenium

Di dalam bihun ada 14 persen mangan dan 12 persen selenium yang diperlukan harian. Kedua mineral ini penting untuk kesehatan Anda. Mereka membantu mengatur gula darah, kurangi peradangan, serta kurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

Kaya Fosfor

Bihun kaya akan fosfor juga. Setiap porsi berisikan 87 miligram fosfor, setara dengan 9 persen kebutuhan harian. Fosfor sangat penting untuk kesehatan gigi dan tulang, serta bantu ginjal membuang racun.

Kandungan Gizi Bihun (per 180 gram) Soun (per 180 gram)
Kalori 19223 29123
Karbohidrat 44 gram23 121 gram23
Serat 1,8 gram23 0,8 gram3
Natrium 33 miligram23 14 miligram23
Indeks Glikemik 5323 3923

Perbandingan Kalori dan Karbohidrat pada Bihun dan Nasi

Dalam menjalani pola makan sehat, penting kita tahu kandungan kalori dan karbohidrat makanan. Bihun dan nasi sering kita pilih makan sehari-hari. Ayo kita lihat bandingan kandungan gizi keduanya.

perbandingan kalori dan karbohidrat bihun dan nasi

Banyak orang beralih dari nasi putih ke bihun karena semakin sadar akan nutrisi4. Misalnya, 300 gram bihun goreng punya 455 kkal. Sementara, nasi putih dengan berat yang sama hanya 387 kkal4.

Bihun goreng mengandung lemak 17,04 gr, lemak jenuh 1,424 gr, protein 17,73 gr, dan karbohidrat 54,79 gr4. Juga, bihun goreng punya kolesterol 104 mg, sodium 967 mg, dan kalium 358 mg4.

Nasi putih dalam porsi yang sama menyediakan 83,7 gr karbohidrat, lemak 0,84 gr, lemak jenuh 0,228 gr, protein 7,98 gr, dan gula 0,15 gr4. Nasi putih tidak punya kolesterol. Itu mengandung sodium 1095 mg dan kalium 105 mg4.

Bihun jagung adalah opsi lain, bagus bagi yang ingin kurangi kalori. Ada 300 kkal kalori, 0 gr lemak, 53 gr karbohidrat, dan 1 gr protein di dalamnya5. Jumlah kalori harian cukup berbeda-beda, tergantung umur dan jenis kelamin5.

Satu porsi bihun rebus hanya punya 192 kalori. Cocok untuk mereka yang diet4.

Kalori di bihun atau nasi putih bisa berbeda, tergantung lauk atau bahan pelengkapnya4. Kita harus pintar pilih lauk. Hal ini penting untuk makanan kita sesuai dengan diet yang dijalani.

Baik soun maupun bihun dianggap rendah kalori, sodium, dan gula, tapi sediakan karbohidrat yang cukup6. Soun punya lebih banyak protein, karbohidrat, dan serat. Meskipun berbeda, keduanya sama-sama baik untuk kesehatan6.

Mengerti perbandingan kalori dan karbohidrat di bihun dan nasi membantu kita pilih yang tepat. Ini untuk mendukung diet yang efektif dan sehat.

Bihun sebagai Alternatif Makanan Diet

Bihun adalah opsi bagus bagi yang diet. Bihun punya kalori lebih sedikit daripada nasi. Jadi, bisa jadi pilihan sehat dan enak pengganti nasi. Bagaimana bihun bisa bantu turunkan berat badan?1

Bihun Rendah Kalori

Bihun punya kalori yang sedikit, menjadikannya cocok untuk diet. Contohnya, 170 gram bihun goreng cuma punya 290 kalori7. Itu kurang dari nasi goreng dengan jumlah serupa. Namun, gizi keduanya tidak jauh berbeda.

Dalam 190 kcal, bihun menyediakan 3,2 gram protein dan 0,4 gram lemak7. Karbohidratnya mencapai 42,2 gram dan mengandung serat 1,8 gram. Ada juga natrium dan banyak vitamin serta mineral. Jadi, bihun cocok untuk program diet karena gizinya komplit dan kalorinya terhitung.

Bihun sebagai Pengganti Nasi

Bagi yang suka nasi, beralih ke bihun mungkin sulit awalnya. Tapi, memasak dan menyajikan bihun dengan cara yang berbeda dapat membantu.

Untuk nutrisi setara dengan 176 gram bihun matang, butuh 57 gram bihun kering7. Sebagai contoh, bihun goreng bisa jadi pilihan 2-3 kali sehari. Ini jika dikonsumsi dengan porsi dan kalori yang sesuai dengan kebutuhan diet Anda.

Untuk diet rendah kalori, asupan harus sekitar 1650-2050 kkal. Carbs perlu dibatasi 100-150 gram tiap hari.

Memperhatikan ukuran porsi bihun itu penting. Gabungkan dengan sayuran dan protein rendah lemak. Bihun bisa jadi pengganti nasi yang bagus. Dimasak dengan tepat, bihun goreng punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Misalnya, cocok untuk diet gluten-free, bagus buat energi, baik untuk ginjal, jantung, dan kesehatan tulang. Juga, bihun memberikan selenium dan vitamin A. Ini semua baik untuk sistem imun juga18.

Tips Mengolah Bihun untuk Diet

Bihun cocok bagi yang diet karena rendah kalori dan nutrisi. Setiap 100 gram, bihun polos hanya punya 108 kkal9. Dengan masak bihun dengan cerdas, kita bisa nikmati hidangan yang rendah kalori dan enak.

Tambahkan Lebih Banyak Sayuran

Menambahkan sayuran ke bihun menjaga kalori rendah. Wortel, paprika merah, dan tauge baik untuk tambahan10. Serat di sayuran membuat kenyang lebih lama dan bantu kontrol porsi9.

Pilih Protein Rendah Lemak

Pilih protein rendah lemak untuk bihun rendah kalori. Udang atau ayam tanpa kulit bagus buat diet109. Jauhi daging berlemak dan sosis. Dengan itu, bihun tetap enak tanpa kelebihan kalori.

Gunakan Sedikit Minyak

Minyak mengandung kalori tinggi. Setiap gram minyak di bihun goreng = 9 kkal9. Pakai minyak zaitun atau kelapa yang sehat. Kontrol minyak untuk jaga kalori rendah9.

Bahan Jumlah
Bihun jagung 100 gram
Wortel, iris tipis memanjang 1 buah
Paprika merah, potong dadu kecil 1 buah
Daun bawang, iris halus 1 batang
Tauge 100 gram
Udang 100 gram
Bawang putih 2 siung
Saus ikan 1 sendok makan
Kecap manis (opsional) 1 sendok makan
Minyak wijen 1 sendok teh
Minyak sayur 1 sendok teh

Tips di atas membantu buat bihun jadi hidangan sehat dan enak. Masaklah bihun dengan cara seperti resep di atas. Bahan-bahan yang ada di tabel cukup bagi nutrisi kita. Dengan tambahan sayuran dan protein dari udang, bihun jadi pilihan bagus di diet.

Resep Bihun untuk Diet

Memasak resep bihun diet sendiri memungkinkan kita untuk mengendalikan kalori. Kita bisa memilih bahan yang baik, seperti bihun jagung. Bahan ini termasuk wortel, paprika merah, tauge, udang, dan daun bawang10. Lebih baik pakai sedikit minyak, banyak sayuran, dan protein rendah lemak.

Untuk resep Bihun Telur Dadar Rendah Kalori, kita butuh 1 butir telur dan 20 gram bihun. Tambahkan 1/2 sendok makan saus tiram. Jangan lupa garam, merica, penyedap jamur, dan daun bawang secukupnya11.

Kocok telur dulu. Kemudian, rendam bihun dengan air panas sampai lembut dan tiriskan. Campur telur, bihun, saus tiram, dan bumbu lainnya. Aduk rata. Masak di wadah teflon anti lengket hingga matang dan kecoklatan11.

Resep lain, Bihun Jagung Rendah Kalori, lebih banyak gunakan sayuran. Misalnya wortel, paprika merah, tauge, dan udang10. Bihun direndam air panas 5-7 menit10. Diberi bumbu saus ikan, kecap manis, minyak wijen, minyak sayur, garam, dan merica10. Hidangan ini baik untuk diet dan bikin kenyang lama10.

Variasi resep bihun diet dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan asupan kalori harian.

Bihun jagung bagus untuk diet karena tinggi serat. Resep diet dengan bihun jagung sering pakai protein dan sayuran. Ini bikin makanan sehat dan padat nutrisi12.

Ada banyak cara masak bihun jagung untuk diet, misalnya digoreng atau berkuah. Ini menawarkan pilihan makanan yang beragam untuk diet12.

Berbagai bahan digunakan dalam resep bihun. Mulai dari sayur-sayuran sampai protein. Ada yang pakai telur, ayam, udang, dan bakso ikan12.

Dalam resep juga ada bumbu seperti bawang putih dan kecap. Bumbu ini bikin hidangan semakin lezat tanpa hilangkan manfaatnya12. Cara memasak beragam, termasuk merebus, menumis, dan mengukus. Ada banyak pilihan yang cocok untuk berbagai diet12.

Bahan utama, bihun jagung, mudah dicari dan sehat. Ini bikin persiapan makan sehat jadi gampang. Hidangan dari bihun jagung juga efektif untuk mengelola berat badan12.

Manfaat Bihun bagi Program Diet

Bihun itu bagus untuk diet sehat. Nutrisi di dalamnya sangat baik. Dan kalorinya lebih sedikit dari nasi. Jadi, bihun bagus buat yang ingin kurus.

manfaat bihun bagi diet

Membantu Mengurangi Asupan Kalori

Program diet berarti kurang kalori. Bihun itu kurang kalori dibanding nasi. Satu porsi bihun (180 gram) cuma 192 kalori, nasi punya 291 kalori2. Makanya, ganti nasi dengan bihun membantu kurangin kalori kamu.

Satu porsi bihun (176 gram) sama dengan nasi putih. Tapi, cuma punya 190 kalori13. Jelas, bihun lebih baik pilihan buat yang lagi diet.

Sumber Karbohidrat Alternatif yang Sehat

Bihun juga bisa jadi opsi karbohidrat yang sehat. Dia bebas gluten, cocok buat celiac. Dan tidak tinggi sodium, bagus untuk jantung dan ginjal13.

Dalam 180 gram, bihun punya 33 miligram natrium dan 1,8 gram serat2. Satu porsi (176 gram) itu cukup untuk kebutuhan selenium harian 14%13. Fosfor di bihun juga penting buat tulang dan gigi13.

Nutrisi Kandungan per 180 gram
Kalori 192 kalori
Karbohidrat 44 gram
Natrium 33 miligram
Serat 1,8 gram

Porsi bihun dan cara masaknya penting. Bihun jadi bagus buat diet kalau ditangani benar. Dia punya nutrisi baik untuk badan kita.

Kesimpulan

Bihun adalah pilihan bersahabat untuk program diet sehat. Mereka punya kalori rendah, tidak mengandung gluten, dan kaya akan nutrisi14. Cocok untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Kita bisa ganti nasi dengan bihun asalkan makannya dalam jumlah yang pas dan dikukus, direbus, atau dibakar15.

Agar berhasil, haruslah dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya. Misalnya sayuran fresh, protein rendah lemak, dan karbohidrat sehat15. Juga penting mengendalikan makanan manis, asin, dan tinggi lemak. Jangan lupa minum air yang cukup. Ini cara unggul dalam diet yang sehat dan efisien15.

Mentadaburi jalan diet tak mudah, tetapi dengan komitmen dan sabar, kita pasti bisa. Ini langkah bijak untuk investasi dalam kesehatan kita. Pantang lupakan, senam dan olahraga fisik yang teratur ikut menolong dalam mencapai berat badan ideal16. Dengan kesungguhan dan teknik yang benar, bihun membantu kita menuju gaya hidup lebih sehat.

FAQ

Q: Apakah bihun baik untuk diet?

A: Bihun adalah pilihan bagus bagi diet. Ia rendah kalori dan bebas gluten. Juga, ia rendah sodium dan kaya akan mangan, selenium, dan fosfor. Memilih bihun sebagai alternatif nasi, dengan porsi yang pas, bahan sehat, bisa membantu turunkan berat badan.

Q: Berapa kalori dalam satu porsi bihun?

A: Satu porsi bihun, yaitu 176 gram, mengandung sekitar 190 kalori. Ini lebih sedikit daripada nasi, yang punya 242 kalori per porsi. Jumlah kalori bihun lebih rendah dari pasta olahan atau pasta gandum utuh sebesar 14-20 persen.

Q: Apa saja manfaat bihun bagi program diet?

A: Bihun membantu lebih sedikit kalori masuk karena kalori bihun lebih rendah dari nasi. Selain itu, bihun adalah karbohidrat alternatif sehat karena bebas gluten. Ia juga rendah sodium dan kaya akan mangan, selenium, dan fosfor yang penting untuk kesehatan.

Q: Bagaimana cara mengolah bihun untuk diet?

A: Untuk diet, tambahkan sayuran hijau banyak di bihun. Ini penting untuk serat dan rasa kenyang lebih lama. Pilih protein seperti daging ayam bagian dada yang rendah lemak. Gunakan minyak secukupnya saat masak atau pilih minyak sehat yang rendah kalori.

Q: Apakah ada resep bihun khusus untuk diet?

A: Ya, ada resep bihun khusus diet. Pakailah sedikit minyak, tambah sayuran, dan pilih protein rendah lemak. Bisa menyesuaikan resep dengan selera dan kebutuhan kalori harian.

Q: Bagaimana bihun dapat membantu menurunkan berat badan?

A: Bihun membantu kurangi kalori masuk karena porsinya yang rendah. Nah, dalam program diet sehat, bihun bisa dimakan dengan makanan seimbang. Penting juga menjaga porsi makan dan cara mengolahnya.

Link Sumber

  1. Apakah Bihun Bagus untuk Diet? Cek Faktanya di Sini – https://health.detik.com/diet/d-6519962/apakah-bihun-bagus-untuk-diet-cek-faktanya-di-sini
  2. 5 Perbedaan Soun dan Bihun, Mana yang Lebih Sehat? – https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/ini-beda-soun-dan-bihun-lebih-sehat-mana
  3. Perbedaan Bihun dan Sohun yang Perlu Anda Ketahui – https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/sehat-mana-bihun-dan-soun/
  4. Berapa Kalori dalam Seporsi Bihun Goreng? – https://www.halodoc.com/artikel/berapa-kalori-dalam-seporsi-bihun-goreng
  5. Kalori Bihun Jagung Aman Untuk Kamu Yang Sedang Diet? Ini Resep Lezatnya – https://yoona.id/blog/kalori-bihun-jagung-aman/
  6. Kenali Perbedaan Sohun dan Bihun, Lebih Sehat yang Mana? – https://www.halodoc.com/artikel/kenali-perbedaan-sohun-dan-bihun-lebih-sehat-yang-mana
  7. Berapa kalori bihun goreng? Amankah mengonsumsinya saat diet? – https://yoona.id/blog/berapa-kalori-bihun-goreng-amankah-mengonsumsinya-saat-diet/
  8. 5 Fakta Menarik tentang Bihun, Makanan yang Sering Jadi Alternatif di Kala Rindu Mi Instan Saat Diet – https://www.beautynesia.id/wellness/5-fakta-menarik-tentang-bihun-makanan-yang-sering-jadi-alternatif-di-kala-rindu-mi-instan-saat-diet/b-272239
  9. Kalori Bihun Goreng Seporsi dan Takaran Aman untuk Diet – https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/kalori-bihun-goreng/
  10. Resep Bihun Jagung yang Cocok Untuk Diet – https://www.fimela.com/food/read/5338661/resep-bihun-jagung-yang-cocok-untuk-diet
  11. Resep Bihun Telur Dadar Rendah Kalori, Menu Diet Simple yang Enak, Bikin Nagih dan Mudah Dimasak – Sripoku.com – https://palembang.tribunnews.com/2022/09/09/resep-bihun-telur-dadar-rendah-kalori-menu-diet-simple-yang-enak-bikin-nagih-dan-mudah-dimasak
  12. 13 Resep olahan bihun jagung, cocok jadi menu diet – https://www.briliofood.net/resep/13-resep-olahan-bihun-jagung-cocok-jadi-menu-diet-220210c.html
  13. Ini Manfaat Bihun Bagi Kesehatan Tubuh – Titipku Blog – https://titipku.com/blog/manfaat-bihun/
  14. Analisa Kadar Air, Daya Putus, dan Umur Simpan Bihun Dari Tepung Porang (Amorphophallus oncophyllus) Dengan Penambahan Tepung Kacang Merah (Phaseolus vulgaris L.). – https://repository.ub.ac.id/175748/
  15. Cara Diet Alami Cepat Menurunkan Berat Badan – BAMS – https://bnp.jambiprov.go.id/diet-alami-cepat-rahasia-menurunkan-berat-badan/
  16. Percobaan: Diet Nasi Sebulan untuk Turunkan Berat Badan – https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190914205922-255-430563/percobaan-diet-nasi-sebulan-untuk-turunkan-berat-badan

About the Author: Rekka Wicaksono

Rekka Wicaksono adalah seorang konsultan ahli gizi yang berkecimpung pada dunia diet, kalori dan nutrisi. Dia juga sering membaca jurnal terkait Nutrisi dan Dietetika. Rekka membawa keahliannya di bidang nutrisi, olahraga dan hidup sehat demi kehidupan yang lebih baik. Selain itu, dia juga sering membagikan resep diet dan makanan diet yang enak sehingga diet terasa makin mudah.

You might like